conserve_energy

Penghematan Energi Di Sekitar Kita dengan Cara Murah,Mudah dan Effisien

Apa kabar, Sahabat TL???

Semoga kalian selalu di beri kesehatan oleh Allah SWT dan selalu berada di dalam perlindungannya. Sebelumnya saya ucapkan selamat datang kepada teman-teman 2013 di keluarga besar Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia. Ini adalah artikel pertama saya di website resmi HMTL UII semoga bermanfaat,khususnya untuk calon-calon engineer muda sebelum kalian bergelut lebih dalam di dunia Teknik Lingkungan UII. Disini saya akan mencoba mengangkat isu tentang “Penghematan Energi Di Sekitar Kita dengan Cara Murah,Mudah dan Effisien”. Mungkin artikel ini sudah banyak di tulis di berbagai macam blog dan website dan sangat mudah di temukan ketika teman-teman sekalian search di mbah google tapi tidak ada salahnya untuk mengingatkan kembali supaya kita bisa mencoba menerapkannya di kehidupan kita sehari-hari.

Semakin hari kebutuhan kita akan Energi semakin banyak, dan tidak sedikit, tetapi pertanyaan yang paling mendasar sampai kapan energi tersebut dapat menyuplai kebutuhan kita? sampai kapan cadangan energi tersebut bertahan?

Bumi  memang memiliki sumber cadangan energi yang banyak dan melimpah, tetapi apabila digunakan secara terus menerus dan berlebihan maka lambat laun energi tersebut akan habis juga. Dan perlu waktu berpuluh-puluh tahun bahkan beratus-ratus tahun lagi untuk mengisi dan memulihkan energi tersebut. Oleh sebab itu pasti agar anak cucu kita kelak masih bisa merasakan energi yang ada di bumi ini. Berikut adalah tips-tips sederhana yang saya rangkum dari http://egieligius.wordpress.com dalam hal pengehatan energi. Mulai lah hal ini dari rumah atau kos-kosan anda.

 

residential-light-switch

Pertama, matikan lampu yang tidak dibutuhkan di siang hari.

Menyalakan lampu di siang hari dengan suasana ruangan yang sudah cukup mendapatkan sinar matahari, adalah salah satu hal yang tidak berguna. Matikan lampu bilamana ruangan tersebut sudah cukup mendapatkan sinar matahari. Dengan itu, maka energi akan tersimpan dan tidak akan terbuang sia-sia. Kecuali jika ruangan tersebut memang membutuhkan bantuan sinar lampu di siang hari. Tapi setelah itu, pakai saja secukupnya lalu matikan.

 

 

aaa

Kedua, kurangi penggunaan terminal listrik berlebihan pada stop kontak.

Hal ini bisa memacu pemborosan energi yang berlebihan. Selain itu juga dapat menimbulkan bahaya, karena dapat terjadinya hubungan arus pendek pada terminal tersebut. Akibatnya, bisa terjadi kebakaran yang dapat menimbulkan kerugian yang besar.

 

Lampu hemat energi model cfl

Ketiga, gunakan barang-barang elektronik yang hemat energi.

Semakin berkembangnya teknologi, semakin canggih pula barang-barang yang dihasilkan. Di era modern ini, sudah banyak sekali produsen-produsen elektronik yang menciptakan produk hemat energi. Contohnya saja AC, TV, kulkas, lampu, dan masih banyak lagi. Dengan menggunakan barang-barang tersebut, pemakaian akan jumlah energi dapat berkurang.

 

 

2783951794_67d88dc40e

Keempat, kurangi konsumsi akan BBM.

Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengurangi pemakaian kendaraan bermotor. Bila berpergian dengan jarak yang pendek, maka dapat ditempuh dengan jalan kaki atau menggunakan sepeda. Bila berpergian dengan jarak yang jauh, dapat ditempuh dengan menggunakan angkutan umum yang telah disediakan.

 

Indonesia_Ridesharing_web_130720_6721

Kelima, satu kendaraan banyak penumpang.

Contohnya, bila memiliki tujuan yang sama tidak ada salahnya memberikan tumpangan kepada tetangga atau teman. Selain dapat menghemat energi, cara ini juga dapat mengurangi kemacetan yang sering terjadi di jalan raya.

 

Watching-TV-in-Bed

Keenam, jangan pernah menyalakan peralatan elektronik secara sia-sia.

Kita sering kali menyalakan TV dan radio ketika kita sedang tertidur pulas. Kita juga sering kali menyalakan pendingin ruangan ketika sama sekali tidak ada orang yang ada di dalam ruangan itu.Hal kecil seperti itu sangat berperan dalam pemborosan energi. Jadinya, energi yang sangat berharga tersebut terbuang dengan cuma-cuma tanpa ada manfaatnya sama sekali.

 

 

 

Ketujuh, matikan mesin ketika sedang ada di lampu merah.

Hal ini sungguh sangat berguna. Karena BBM yang ada di dalam kendaraan bermotor dapat lebih terhemat. Selain itu kita juga dapat mengurangi polusi yang ada di udara hanya dengan melakukan hal tersebut.

 

“Mulailah dengan hal-hal yang kecil di sekitar kita dalam hal menghemat energi” kemudian tularkan lah kebiasaan ini kepada keluarga,kerabat,kawan kampus,pacar,dan siapapun itu. Mungkin hanya ini saja dulu yang bisa saya sampaikan,semoga dapat bermanfaat untuk teman-teman sekalian.

 

 

Ricky Setiawan 

Mahasiswa Teknik Lingkungan, FTSP, UII

 10.512.027