fieldtrip

Field Trip 2015 : Expand Your Skill & Experience

 

Dalam rangka menunjang kegiatan perkuliahan di kampus, Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan (HMTL) Universitas Islam Indonesia mengadakan kuliah lapangan ke Surabaya – Bali. Kuliah lapangan dengan peserta yang terdiri dari mahasiswa semester 6 dengan total 57 perserta ini dilaksanakan pada 16-21 Maret 2015.

Field trip atau yang lebih dikenal kuliah lapangan adalah salah satu program kerja PSDM HMTL UII dan merupakan agenda rutin tahunan HMTL UII. Kuliah lapangan ini bertujuan untuk menunjang dan melengkapi teori perkuliahan di kampus agar mahasiswa dapat melihat langsung desain dan proses yang terjadi pada unit-unit pengolahan. Setelah sukses ditahun sebelumnya, kali ini HMTL menyelenggarakan Field Trip 2015 dengan tujuan yang sama yaitu Surabaya-Bali.

Di Surabaya, peserta Field TRIP 2015 melakukan kunjungan ke Teknik Lingkungan ITS Surabaya. Kegiatan yang berlangsung berupa studi
banding dengan pemaparan masing-masing Kepengurusan HMTL dan Profil Jurusan Teknik Lingkungan, kemudian dilanjutkan dengan kunjungan ke labolatorium Teknik Lingkungan ITS dan fasilitas lainnya. Disini peserta Field Trip, khususnya fungsionaris HMTL dapat memahami dan mempelajari kepengurusan HMTL satu sama lain.

Lokasi kunjungan pertama di Bali adalah Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) PT. Pengembangan Pariwisata Bali (Per­sero) atau lebih dikenal dengan Bali Tourism Develop­ment Corporation (BTDC). BTDC merupakan Badan Udaha Milik Negara (BUMN) yang menyelenggarakan tersedianya prasarana dan sarana, mengundang investor untuk membangun hotel serta mengelola dan memelihara Kawasan Pariwisata Nusa Dua yang berisi resor besar internasional berbintang 5 di tenggara Bali. BTDC memiliki IPAL sendiri untuk mengolah air limbah yang dihasilkan dari Kawasan Pariwisata Nusa Dua. Ditempat ini mahasiswa dapat melihat langsung unit-unit instalasi pengelolaan air limbah yang dimiliki oleh BTDC yang menggunakan  3 cell lagoon pengolahaan air limbah secara alami dan ditambah dengan lagoon aerasi dan sedimentasi.

Lokasi kunjungan kedua adalah PDAM Pemerintah Kota Denpasar. PDAM Pemerintah Kota Denpasar merupakan BUMD yang berfungsi untuk memberikan jasa pelayanan air bersih di kota Denpasar yang didukung oleh Pemerintah Daerah Kota Denpasar. Disini mahasiswa dijelaskan tentang profil PDAM Pemerintah Kota Denpasar dan diajak langsung melihat unit-unit instalasi pengolahan air minum yang ada di PDAM Pemerintah Kota Denpasar.

Lokasi kunjungan berikutnya adalah TPA Suwung Regional Sarbagita dan IPAL Suwung Dinas PU Provinsi Bali. Tidak jauh berbeda dengan lokasi kunjungan sebelumnya, mahasiswa dijelaskan dan diajak langsung untuk melihat unit pengolahan yang ada sehingga mahasiswa dapat memahami dan membandingkan teori di perkuliahan dengan penerapan di lapangan.